sI$t3m Oper4s!

gOS – Google Operating System kah?

Memang sistem operasi ini lebih diarahkan ke web application. Secara default sistem operasi ini menyertakan launcher ke web – web ternama (dan kebanyakan Google) : GMail, YouTube, Google, Google Docs, Orkut, Wikipedia, dll. Tetapi ini memang bukan Google Operating System, yang konon misterius tersebut.

gOS adalah sistem operasi berbasis Ubuntu Linux 7.10 Gutsy Gibbon. Perbedaannya sama seperti Linux Mint, hanya pada pemaketan software – softwarenya. Sayang, sampe tulisan ini dibuat, situs gOS masih belum beres. Tapi anda sudah bisa mendownload file .iso nya gOS di webnya.

http://okto.silaban.net

 Red Hat Linux: Sistem Operasi “Paling Aman”

Red Hat Linux baru-baru ini memperoleh tingkatan baru dari sertifikasi keamananan yang akan membuatnya menjadi perangkat lunak yang layak dipertimbangkan untuk digunakan pada level pemerintahan.

Minggu lalu IBM telah memperoleh sertifikasi EAL4 Augmented with ALC_FLR.3 untuk sistem operasi Red Hat Enterprise Linux. Sertifikasi yang diperoleh Red Hat itu menjadikannya setara dengan produk Sun Microsystem: Trusted Solaris Operating System, ungkap Dan Frye, wakil presiden dari unit open system IBM.

“Ini adalah tingkatan tertinggi dari fungsi keamanan yang semua orang miliki”, tegas Frye. “Kami telah menghadirkan fungsi Labeled Security Protection Profile (LSPP) dalam Red Hat Enterprise Linux 5 dan kami telah mensertifikasinya pada tingkatan EAL4 sebagai jaminan”

Rating ini diberikan oleh organisasi yang dibiayai pemerintah Amerika Serikat: National Information Assurance Partnership (NIAP) Common Criteria Evaluation and Validation Scheme for IT Security Program, yang mengevaluasi sisi keamanan dari perangkat lunak komersial.

Red Hat Linux menerima sertifikasi EAL4 Augmented with ALC_FLR.3 ini untuk penggunaan pada komputer mainframe IBM, System x, System p5 dan eServer.

Sertifikasi tingkat keamanan ini biasanya tidak dibutuhkan pada kontrak dengan perusahaan biasa, namun menjadi mutlak diperlukan sebagai syarat untuk dapat dipakai di badan pemerintahan seperti misalnya Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan Agen Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), ujar Frye.

Linux sebelumnya telah mendapatkan sertifikat pada level EAL4, namun ini adalah kali pertamanya sistem operasi tersebut menerima sertifikasi Labeled Security Protection Profile (LSPP), yang berkaitan dengan fitur akses pengaturan.

Para pengembang sebelumnya Linux telah bekerja untuk menambahkan fitur akses pengontrolan “SE Linux” dalam sistem operasinya. SE Linux disertakan sebagai bagian dari Red Hat Enterprise Linux 5, dan kini telah mendapatkan sertifikasi untuk penggunakan pada pemerintahan, ucap Frye.

Di bagian lain LSPP Red Hat Linux juga telah mendapat sertifikasi Role Based Access Control Protection (RBAC), dan itu juga perlu dipertimbangkan, tegas Red Hat.

Menurut Fryle, sertifikasi ini adalah “Berita besar bagi Industri Linux” karena hal ini menunjukkan bahwa perangkat lunak open-source dapat digunakan untuk menjalankan tugas-tugas komputerisasi yang sensitif. “Jika ada orang yang ragu bahwa sistem operasi open source dapat melakukannya, kami telah buktikan bahwa (keraguan) mereka itu salah”.
http://majalah-linux.baliwae.com

Sistem operasi


Pendahuluan

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS
Layanan inti umum

Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.

Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.
Sistem Operasi saat ini

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
Proses

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.

Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.

Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.

Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).
Status Proses

Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

Apple Computer


Dalam dunia komputer desktop, selain komputer berbasiskan arsitektur IBM-PC dengan operating system Microsoft Windows, OS/2, dan berbagai varian distro linux, terdapat juga jenis lainnya, yaitu Apple. Bedanya komputer desktop ini menggunakan basis arsitektur yang dikembangkan oleh perusahaan Apple sendiri termasuk operating system-nya.

Apple komputer adalah satu-satunya perusahaan yang masih berdiri sejak awal komputer rumahan pertama kali muncul pada tahun 70-an. Sampai saat ini, Apple masih tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan, terutama menghadapi dominasi Microsoft dalam bidang pengembangan dan pendistribusian operating system.

Dimulai Dari Apple-1

Komputer Apple dimulai dengan pengembangan komputer 6502 oleh Steve Wozniak yang dikenal dengan nama Apple-1. Komputer ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Homebrew Computer Club di Palo Alto pada bulan April 1976. Pada bulan berikutnya, komputer ini mulai dipasarkan, tetapi hanya dalam bentuk casing CPU-nya saja, sehingga memerlukan alat tambahan seperti power supply, monitor, dan keyboard untuk menjalankannya. Pada konferensi microcomputer dengan nama PC’76 yang diadakan pada bulan Agustus 1976, Steve Wozniak dan Steve Jobs mendemonstrasikan Apple-1 dengan secondary storage terbarunya yang masih dalam bentuk kaset. Walaupun pada malam hari sebelum konferensi dimulai, Wozniak baru menyelesaikan interpreter Apple BASIC untuk Apple-1 di hotel tempatnya menginap. Pada konferensi tersebut, Apple-1 adalah satu-satunya komputer yang berbasis 6502. Di sisi lain, karena bentuknya yang kecil, dukungan penuh terhadap bahasa BASIC, dan interface secondary storage yang cepat, berhasil menyedot perhatian yang besar dari peserta konferensi. Di bulan yang sama, Wozniak juga menyelesaikan prototype untuk komputer Apple II. Pada Apple II, dimulai pengembangan aplikasi dan game yang diterapkan oleh Chris Espinosa. Kemudian pada tahun 1977, Apple Computer memperkenalkan komputer ini di West Coast Computer Fair yang pertama. Komputer ini sudah mengalami banyak perkembangan mencakup keyboard, interface grafis berwarna dan CIU (Central Interpretation Unit) 6502. Pada Apple II juga sudah tersedia ROM 16 KB yang berisi Apple BASIC, dan RAM yang dapat diperluas sampai 64 KB. Untuk memory sekunder, komputer ini sudah dapat menggunakan tape drive dan floppy drive. Pada tahun yang sama BASIC versi 6502 yang dibeli dari Microsoft, yaiut Applesoft I dirilis dalam bentuk kaset. Perkembangan-perkembangan selanjutnya dari komputer Apple ditandai dengan peluncuran bentuk-bentuk lain dari komputer Apple II. Dimulai dari komputer Apple II plus tahun 1979, Apple Iie tahun 1983, dan Apple IIc tahun 1984. Perkembangan Apple II dan Apple III dapat dikatakan beriringan, terbukti dari keluarnya Apple III pada tahun 1980 tetapi Apple masih mengeluarkan Apple IIe pada tahun 1983.

Cikal Bakal Apple dengan GUI.

Pada tahun 1983, diluncurkan komputer Apple Lisa sebagai komputer yang pertama kali menggunakan GUI (Graphical User Interface). Tampilan GUI itu mencakup tampilan jendela, folder, menu pulldown, tombol klik, scroll bar, icon dan pointer mouse. Selain itu, fitur inovatif lainnya juga diimplementasikan seperti kemampuan copy dan paste, multiple tasking, dan sistem file yang hirarkis. Tetapi, dengan kegagalan pengembangan komputer Apple Lisa selanjutnya di pasaran, perusahaan Apple mengalihkan perhatian kepada komputer Apple MacIntosh yang berhasil meraih kesuksesan besar. Perkembangan komputer Apple MacIntosh dimulai dengan Apple berbasis Lisa 2. pada tahun 1985 komputer ini diubah namanya menjadi Apple MacIntosh XL atau disingkat MacXL. Hingga tahun 1993, perusahaan ini masih menggunakan nama MacIntosh untuk berbagai komputer desktop yang diluncurkan ke pasaran dengan basis arsitektur Apple Lisa 2 tersebut. Pada tahun 1991, Apple Computer, IBM, dan Motorola mengumumkan kerja sama untuk mendesain, processor baru untuk komputer Apple yang dikenal dengan nama PowerPC. Sejak saat itu, penamaan komputer Apple berubah menjadi PowerMac. Kemudian dilanjutkan dengan Apple PC di tahun 1995, G3 Mac tahun 1997, iMac tahun 1998, G4 Mac tahun 1999, dan yang terakhir PowerMac dengan basis CPU di tahun 2005 adalah G5 Mac. Kabar terakhir perkembangan komputer Apple adalah rencananya untuk berpindah dari processor PowerPC ke processor Intel yang akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini hingga tahun 2007.
Sumber: Tabloid PC Mild Rubrik Retro Edisi 16/2005 tanggal 18 Juli 2005

http://www.bpkp.go.id

Ubuntu Like OS-X

Di milis akhir2 ini banyak postingan bagaimana cara membuat ubuntu desktop jadi agak2 mirip ama MacOS, walaupun agak maksa sedikit . Klo di windows ada cukup banyak 3rd party yang bisa kayak gini dgn itungan detik/menit. Tapi klo di ubuntu gimana ya..?? Waktu di Breezy saya coba iseng2 nyari cara gimana biar style Mac-OS bisa di Breezy, tp ternyata gak puas2 banget, mending pake Gnomenya ubuntu udah cukup.

Kebetulan untuk Dapper ada blog yang ngebahas ini dan cukup detail, coba rekan2 yang membutuhkan bisa lihat link berikut :

http://users.utu.fi/ljtaim/ubuntuosx.php

Windows Vista, Hadirnya Sistem Operasi yang Paling Dinanti
Wednesday, 18 April 2007

Setelah sekian lama dinanti-nanti, akhirnya Windows Vista untuk para pengguna retail (end user) secara resmi diluncurkan di Indonesia. Selain sistem operasi Windows Vista, diluncurkan juga Microsoft Office 2007 dan Exchange Server 2007.
Sebelumnya, pada akhir bulan Januari lalu, produk paling signifikan dalam sejarah Microsoft, yakni sistem operasi Windows Vista, Microsoft Office 2007, dan Exchange Server 2007 telahdiluncurkan untuk konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dengan bertemakan Ready for a New Day, peluncuran produk-produk andalan Microsoft ini dilangsungkan secara besar-besaran di Jakarta Convention Centre. “Kami merancang Windows Vista dan Sistem Office 2007 sebagai fasilitator bagi para mitra kami, dan merealisasikan generasi baru komputasi, dari semua inovasi baru pada devices dan piranti lunak yang menawarkan grafis lebih baik, konektivitas, dan komunikasi yang lebih lancar dan meningkatkan produktivitas, serta pengalaman yang lebih menyenangkan”, jelas Ari Kun Widodo, Wakil Presiden Direktur PT. Microsoft Indonesia di sela-sela peluncuran Microsoft General Availability Launch di JCC, 11 April 2007 lalu.

“Sebagai juru bicara peresmian Windows Vista, Herbert Ang, GM Acer Indonesia, Elisa Lumbantoruan, Presdir Hewlett Packard Indonesia, Subra Shankar, Managing Director South APAC, Intel, Ari Kun Widodo, Wakil Presdir Microsoft Indonensia, dan Nurul Arifin, artis sinetron.

“Sebagai juru bicara peresmian Windows Vista, Herbert Ang, GM Acer Indonesia, Elisa Lumbantoruan, Presdir Hewlett Packard Indonesia, Subra Shankar, Managing Director South APAC, Intel, Ari Kun Widodo, Wakil Presdir Microsoft Indonensia, dan Nurul Arifin, artis sinetron.”

Dilihat dari penampilannya, Windows Vista dan Microsoft Office 2007 telah mengalami peningkatan yang luar biasa pada sisi grafisnya. Hal ini terlihat dari tampilan antar mukanya yang membuat desktop menjadi lebih enak dipandang sekaligus lebih mudah dipergunakan.

Feature-feature andalan yang ditawarkan Windows Vista diantaranya Parental Control, feature yang mampu mengatur aktifitas berselancar bagi anggota keluarga; Windows Defender, yang mampu melindungi pengguna dari spyware dan website yang mencurigakan dari aktifitas pencurian informasi; dan Document Inspector, yang mampu membersihkan informasi personal, komentar, dan teks tersembunyi pada sebuah dokumen; dan masih banyak feature andal lainnya.

Selain itu, Exchange Server 2007 juga memungkinkan penggunanya selalu terkoneksi dengan keluarga atau rekan kerja dengan menggunakan e-mail Outlook yang dapat diakses melalui telepon atau yang dikenal juga dengan Outlook Voice Access (OVA).

Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengundang Nurul Arifin, artis sinetron yang sudah mencoba Windows Vista. Karena pekerjaannya yang menuntut lebih sering di luar rumah, ia merasa was-was saat anak-anaknya menggunakan komputer untuk surfing di Internet. Dengan feature Parental Control yang mudah digunakan, kini Nurul merasa tenang dan terbantu sekali untuk membatasi website-website mana saja yang bisa diakses oleh anak-anaknya.

Selain Nurul Arifin, Microsoft juga sudah memberikan kesempatan pada perusahaan-perusahaan besar di Indonesia untuk mencoba Windows Vista, Microsoft Office 2007, dan Exchange Server 2007. Perusahaan tersebut diantaranya Pertamina, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Telkomsel, dan masih banyak perusahaan lainnya.

Di lihat dari perkembangan penjulan di bulan pertama yang sudah melebihi angka 20 juta, Vista lebih cepat dikenal dari pada sistem operasi sebelumnya, XP. Sebab, angka tersebut berlipat lebih dari dua fase perkenalan produk Windows XP.
Dengan peluncuran Windows Vista, Microsoft Office 2007, dan Exchange Server 2007, Microsoft berharap semua pengguna produk lamanya akan beralih ke sistem operasi yang baru.
http://www.chip.co.id/events-exhibitions

Sejarah Lahirnya OpenBSD

OPENBSD 

Pada awal 1990, Theo de Raadt bertanggungjawab untuk melakukan porting NetBSD pada mesin-mesin SPARC. Namun karena terjadi ketidakcocokan antara Theo dan NetBSD core team untuk masalah pengembangan NetBSD, membuat Theo hengkang dengan mendirikan proyek baru bernama OpenBSD.

OpenBSD lebih memfokuskan pada tujuan memproduksi sebuah operating system yang secure. Pada awal 1996, OpenBSD team membuat analisa baris-per-baris untuk setiap source code yang disertakan untuk menghindari adanya potensi bugs dan security hole. Dengan tujuan menemukan bugs sebelum orang lain menemukannya, membuat OpenBSD semakin matang dengan konsep “secure by default”-nya.

OpenBSD juga mengembangkan porting ke banyak mesin, hal ini sepertinya terinfluence dengan pengembangan NetBSD mengingat OpenBSD juga lahir dari NetBSD, telah banyak mesin-mesin Motorola 86k, VAX, dan Intel yang berhasil diinstall OpenBSD sebagai operating systemnya.
http://cs.uad.ac.id/riadi/category/artikel/sistem-operasi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: