Antara iPAD, Samsung Galaxy Tab, dan iPAD 2

Di era dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat ini, kehadiran komputer tablet memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Mungkin memang benar bahwa berkat kehadiran iPad Apple, eksistensi dari komputer tablet semakin meroket. Namun selalu ada alasan mengapa para kompetitornya meluncurkan produk serupa termasuk Samsung Galaxy Tab. Samsung Galaxy Tab menawarkan 7 keunggulan yang tidak dimiliki oleh iPad berikut di antaranya (seperti dikutip dari PC World, Senin 20/09/2010) :

  • Ukuran

Samsung Galaxy Tab memiliki layar 7 inch yang berarti lebih kecil jika dibandingkan dengan iPad yang berlayar 9,7 inch. Dengan ukuran yang lebih mini itu tentu saja tidak mengurangi fungsional kinerjanya.

  • Berat

Berat tablet kepunyaan Samsung ini hanya sekitar setengah berat iPad yang membuatnya menjadi ‘teman’ yang mengasikkan bila harus memegangnya lama.

  • SD Memory Card

Galaxy Tab memiliki  2 pilihan kapasitas memori yaitu 16GB dan 32GB dibandingkan dengan iPad memiliki 3 pilihan kapasitas memori yaitu 16GB, 32GB dan 64GB. Namun Galaxy Tab memiliki slot kartu memori lain yang dapat ditambahkan. Pilihan kartu memorinya juga flexibel dan tidak terbatas karena dapat ditukar dan tersedia sarana untuk mengirim data antara Galaxy Tab dan perangkat lainnya.

  • Kamera

Samsung Galaxy Tab memiliki kamera  di bagian depan maupun belakang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dalam ber-tele conferance ataupun sekedar bernarsis ria.

  • Flash Player

Samsung Galaxy Tab memiliki software flash dalam produknya, faktor ini lah yang membuatnya berbeda dengan iPad.

  • RAM

Samsung Galaxy Tab memiliki kapasitas RAM 2 kali lebih besar dibanding iPad, yaitu 512 Mb.

  • Multitasking

Saat ini iPad tidak memiliki multitasking lain dari aplikasi inti seperti pemutar iPod. Sementara bagi sistem operasi Android, multitasking bisa menjadi hal yang lebih mudah.

Namun kini Apple telah meluncurkan produk terbarunya yaitu iPad 2, dengan desain yang lebih minimalis, iPad 2 memiliki keunggulan yang luar biasa dari seri sebelumnya. iPad 2 lebih tipis bahkan jika dibandingkan dengan iPhone4, yaitu dari 13,4 milimeter menjadi 8,8 milimeter. Berikut 7 karakteristik dari iPad 2 :

  • Fitur FaceTime dan Aksesoris Smart Cover

Perangkat iPad 2 memiliki FaceTime untuk video chat. Aplikasi seperti Skype juga dapat dipakai pada perangkat ini. Selain itu, aksesoris Smart Cover cukup menarik karena dapat membuat iPad terkunci secara otomatis dan juga dapat dilipat untuk dijadikan dudukannya.

  • Daya Tahan Baterai dan Layar Tak Berubah

Meski perawakan menjadi langsing, sayangnya daya tahan baterai tak berubah hanya berkisar 10 jam. Begitu pula layarnya yang sama pada versi pertama, mulai dari ukuran hingga resolusi.

  • Prosesor Berbasis ARM Cortex A9

Prosesor dual core bernama A5 pada iPad 2 merupakan rancangan ARM Cortex A9. Prosesor itu akan membuat jalannya aplikasi menjadi lebih cepat dan tugas komputasi lain menjadi makin cepat.

  • Grafis yang Mumpuni

Menurut Steve Jobs, kemampuan grafis iPad 2 9 kali lebih bagus dari iPad pertama. Tentu saja dengan adanya kondisi ini, para pecinta game akan semakin tak teralihkan dari iPad 2.

  • Sistem Operasi (OS) iOS 4.3

Perangkat iPad 2 menggunakan OS terbaru Apple, iOS 4.3. Beberapa peningkatan yang ada di antaranya adalah browser Safari yang lebih cepat dan iTunes Home Sharing.

Beberapa peningkatan dan fitur baru yang dibawa oleh sistem operasi iOS 4.3 diantaranya :

– Peningkatan fitur AirPlay

– Peningkatan kinerja web browser Safari

– iTunes Home Sharing

– iPad Side Switch

– Personal Hotspot for iPhone 4

– New fonts in Notes app

– Push notifications for Ping

– Purchase ringtones directly through iPhone

iOS 4.3 juga tetap membawa fitur-fitur keren yang sudah ada di versi iOS sebelumnya seperti :

– Multitasking

– Folders

– AirPrint

– AirPlay

– Find My iPhone, iPad, or iPod touch – Game Center

– iTunes TV show rentals

– Even better Mail

  • Terdapat HDMI Out

Meski masih butuh konektor tambahan yang harus dibeli terpisah, perangkat baru ini memiliki fasilitas HDMI (High-Definition Multimedia Interface) yang dapat dihubungkan ke pesawat televisi.

  • iPad 2 Punya Lawan Berat

Keterangan Apple terkesan sombong, “Sementara yang lain berebut meniru iPad pertama, kami merilis iPad 2 menaikkan batas kompetisi.” Hal ini kurang tepat karena pesaing lain seperti pengguna Android pada Xoom dan Galaxy Tab 10,1 punya fitur sepadan, bahkan pada beberapa bagian lebih bagus dari iPad 2.

Menurut hemat saya, para perusahaan ICT semacam Apple ataupun Samsung bebas dalam mengekspresikan obsesinya dalam rangka persaingan untuk memperebutkan pangsa konsumen. Titik akhir dari usaha mereka tetap berada di tangan konsumen. Mereka juga tidak dapat memaksakan kehendak agar konsumen memilih produk ini atau produk itu. Selama persaingan tetap pada jalur sehat, dan fitur-fitur yang ditawarkan juga sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen, saya sebagai konsumen juga semakin antusias untuk mengetahui produk-produk ICT terbaru yang sedang hangat. Apalagi untuk mereka yang tergolong kaum supermarginal, lapar akan trend ataupun mode produk ICT akan juga menguntungkan para perusahaan ICT yang ada.

sumber : -www.uniqpost.com – http://www.replace.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: